Peningkatan Karakter Anti Korupsi Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Solving Bagi Siswa XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta 2012/2013

Rubiyanto, Eko and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Karakter Anti Korupsi Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Solving Bagi Siswa XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter anti koeupsi belajar matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dalam mengerjakan soal matematika melalui strategi pembelajaran problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan karakter anti korupsi belajar matematika siswa dalam mengerjakan soal matematika melalui strategi pembelajaran problem solving. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan karakter anti korupsi siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) memiliki rasa tanggung jawab dalam mengerjakan soal amtematika sebelum putaran 30,00%, dan setelah putaran III 87,50 %, b) kedisiplinan siswa sebelum putaran 27,50%, dan setelah putaran III 90,00%, dan c) kejujuran siswa sebelum putaran 25,00%, dan setelah putaran III 85,00%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter anti korupsi, hasil belajar matematika, Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2013 07:05
Last Modified: 27 Oct 2021 22:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23446

Actions (login required)

View Item View Item