Perbandingan Strategi Learning Starts With A Question Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas Vii Smp N 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Ma’arif, Samsul and , Triastuti Rahayu, S.Si, M.Si (2013) Perbandingan Strategi Learning Starts With A Question Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas Vii Smp N 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question dan Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Andong Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa dilihat dari aspek kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII F menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampling menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data untuk pengujian hipotesis dengan uji non parametrik tipe Two Independent Sample Test (Mann-Whitney Test). Hasil analisis data diperoleh nilai sig. = 0.023 dan nilai signifikan = 0.05. Pada kelas eksperimen dengan strategi Learning Starts With a Question nilai rata-ratanya 71.81 dan pada kelas eksperimen dengan strategi Mind Mapping nilai rata-ratanya 77.57. Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts With a Question dan Mind Mapping pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Strategi pembelajaran Mind Mapping lebih efektif dari pada strategi pembelajaran Learning Starts With a Question.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Learning Starts With a Question, strategi pembelajaran Mind Mapping, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 05:46
Last Modified: 03 Nov 2021 00:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23360

Actions (login required)

View Item View Item