Nilai-Nilai Edukasi dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari: Tinjauan Sosiologi Sastra

Zaroroh, Novi and , Dr. Nafron Hasjim (2013) Nilai-Nilai Edukasi dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari: Tinjauan Sosiologi Sastra. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (744kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (426kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari, (2) memaparkan nilai edukatif yang terdapat dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari ditinjau dari sosiologi sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai edukatif novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kaalimat, dan wacana yang terdapat dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Perehu Kertas karya Dewi Lestari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan catat. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi teoritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah model pembacaan semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural terhadap terhadap novel Perahu Kertas ditemukan hal-hal berikut. Tema dalam novel adalah perjuangan dan kegigihan dalam mewujudkan cita-cita. Penokohan dalam novel ini adalah Kugy, Keenan, Remi, Luhde, Eko, dan Noni. Alur yang digunakan dalam novel penelitian ini adalah alu maju (progresif). Latar tempat dalam novel Perahu Kertas adalah Amsterdam, Jakarta, Bandung, dan Bali. Sedangkan latar waktu dalam novel ini terjadi pada tahun 1999 sampai tahun 2003. Latar sosial dalam penelitian ini adalah latar sosial kehidupan keluarga yang sederhana. Analisis terhadap novel Perahu Kertas dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra menemukan nilai-nilai edukasi yang menonjol di antaranya adalah nilai cinta dan kasih berupa cinta kepada keluarga dan kepada sesama. Nilai pengharaan ditunjukkan oleh penghargaan Kugy kepada Keenan yang telah membuatkan ilustrasi gambar untuk dongengnya; nilai tanggung jawab ditunjukkan oleh sikap Keenan yang bertanggung jawab terhadap keluarganya dan Kugy yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaannya. Nilai kesederhanaan ditunjukkan oleh sikap Kugy yang menabung untuk membeli buku-buku dongeng. Nilai kebahagiaan tampak pada sikap Adri dan Lena yang mengetahui bahwa Keenan lulus ujian SNMPTN dan kebahagiaan yang ditunjukkan Kugy saat memberikan majalah yang memuat cerpennya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Sastra dan Nilai-nilai Edukasi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Mar 2013 12:18
Last Modified: 30 Oct 2021 23:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23350

Actions (login required)

View Item View Item