Wahyuni, Fina Tri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Siswa SMP N 3 Polanharjo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_depan.pdf Download (642kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (201kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf Download (438kB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) Mendiskripsikan peningkatan kemandirian dalam belajar matematika dengan strategi RME. (2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan strategi RME. Jenis penelitian, Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan siswa kelas VII D SMP N 3 Polanharjo, berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran RME dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika. (1) Peningkatan kemandirian belajar matematika diamati dari meningkatnya a) menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sendiri kondisi awal 38,46%, siklus I 65,39%, dan siklus II 88,46%, b) mengatasi masalah belajar sendiri kondisi awal 23,08%, siklus I 61,54%, dan siklus II 88,46%, c) percaya pada kemampuan diri sendiri kondisi awal 15,38%, siklus I 30,77%, dan siklus II 57,69%, d) mengatur diri sendiri kondisi awal 26,92%, siklus I 50,00%, dan siklus II 76,92%. (2) Peningkatan hasil belajar matematika diukur dari nilai ulangan harian, kondisi awal 38,46%, siklus I 69,23%, dan siklus II 88,46%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, hasil belajar, RME |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 25 Mar 2013 11:29 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23303 |
Actions (login required)
View Item |