Murni, Etika Nomita and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (595kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (113kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (700kB) |
|
PDF (Lapiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran siklus. Hal ini dapat dilihat indikator – indikator, seperti : 1) Memiliki rasa tanggung jawab sebelum dilakukan tindakan sebesar 32,3% dan setelah tindakan mencapai 74,1%, 2) Tidak tergantung pada orang lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 22,6% dan setelah tindakan mencapai 87,09%, 3) Memilki rasa ingin tahu yang besar sebelum dilakukan tindakan sebesar 29,1% dan setelah tindakan mencapai 80,6%, 4) Percaya diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 25,8 dan setelah tindakan mencapai 61,29%. Selain itu, prestasi belajar matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 41,9% dan setelah tindakan mencapai 83,87%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran siklus, kemandirian, prestasi belajar matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 11:20 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23269 |
Actions (login required)
View Item |