Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Penemuan Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Tingkat Keterlibatan Orang Tua

Mahfiati, Mahfiati and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Penemuan Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Tingkat Keterlibatan Orang Tua. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (475kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji, (1) perbedaan efek antara strategi pembelajaran penemuan dan problem solving terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan efek tingkat keterlibatan orang tua siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran (penemuan dan problem solving) dan tingkat keterlibatan orang tua siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Sampel diambil dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIG sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster rundom sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adala angket dan tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai uji lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan efek antara strategi pembelajaran penemuan dan strategi pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fa= 4,864, (2) ada perbedaan efek tingkat keterlibatan orang tua siswa terhadap hasil belajar matematika. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fb = 66,803, (3) tidak ada efek interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat keterlibatan orang tua siswa terhadap hasil belajar matematika. Hal ini didukung dari analisis data diperoleh Fab= 1,046.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Penemuan, Problem Solving, Keterlibatan Orang Tua, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 07:01
Last Modified: 28 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23234

Actions (login required)

View Item View Item