Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sma N 2 Boyolali

Ratnasari, Devi and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sma N 2 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Cover-Abstrak.pdf

Download (697kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9._Naskah_Publikasi.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran problem solving, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan Sistem persamaan Linier di kelas X-6 SMA Negeri 2 Boyolali Semester I Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Tindakan pada siklus pertama berupa pembelajaran menggunakan metode problem solving pada sub bab pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Sedangkan siklus kedua berupa pembelajaran sub bab pokok bahasan Sistem Persamaan linier Tiga Variabel dengan metode pembelajaran problem solving. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan data lain untuk keperluan pengecekan atau pembanding data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan langkah-langkah pemecahan masalah, memudahkan siswa dalam memahami masalah dan mencari penyelesaiannya. Kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan metode problem solving meningkat dari pertemuan ke pertemuan selanjutnya, hal itu dapat dilihat dari skor perolehan siswa dari LKS yang diberikan. Hasil belajar siswa setelah menerapkan metode problem solving dapat dijabarkan sebagai berikut : a) Ranah kognitif, peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan yaitu 15,38%, meningkat pada siklus I 84,62%, dan meningkat pada siklus II yaitu 100% tuntas. b) Ranah afektif, penerapan metode problem solving pembelajaran matematika menjadi lebih aktif dan memberikan motivasi kepada siswa untuk terus berlatih. c) Ranah psikomotor, setelah menggunakan metode problem solving, siswa semakin terampil dalam menggambar grafik Sistem Persamaan Linier.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem solving, hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 06:15
Last Modified: 27 Oct 2021 22:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23226

Actions (login required)

View Item View Item