Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate

Khoiriyah, Luluk Nur and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (945kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (550kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) meningkatkan kemandirian belajar siswa dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 MAN Purwodadi yang berjumlah 38 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah kemandirian dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian: 1) adanya peningkatan kemandirian belajar siswa yang dapat dilihat dari indicator kemandirian belajar siswa yaitu siswa mampu: (a) bekerja sendiri sebelum tindakan 31,57%, putaran I 39,47%, putaran II 47,36%, dan putaran III 76,31%, (b) bertanggung jawab sebelum tindakan 28,94%, putaran I 34,21%, putaran II 50%, dan putaran III 73,68%, (c) percaya diri sebelum tindakan 26,31%, putaran I 31,57%, putaran II 42,1%, dan putaran III 76,31%, (2) siswa mendapat nilai lebih dari sama dengan 74 sebelum tindakan 44,73%, putaran I 50%, putaran II 65,78%, dan putaran III 81,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi pembelajaran lightening the learning climate dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lightening The Learning Climate, kemandirian, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 06:01
Last Modified: 27 Oct 2021 22:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23222

Actions (login required)

View Item View Item