Rohman, Ahmad Fathur and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning Dan Problem Posing Ditinjau Darikemandirian Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (275kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi contextual teaching and learning(CTL) dan problem posing (PP) ditinjau dari tingkat kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika. Secara Khusus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh prestasi belajar matematika dengan strategi contextual teaching and learning (CTL) dan problem posing (PP), (2) pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari tingkat kemandirian siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Islam 3 Surakarta. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 29 siswa, yang terdiri dari 16 siswa sebagai kelas eksperimen dan 13 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil sebagai berikut: (1) tidak ada pengaruh strategi pembelajaran CTL dan PP terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 0,122, (2) tidak ada pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB = 0,411, (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB = 0,787. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: pembelajaran matematika dengan strategi CTL dan PP ditinjau dari kemandirian siswa tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, kemandirian siswa, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 21 Mar 2013 05:26 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 21:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23216 |
Actions (login required)
View Item |