Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Spldv Dengan Strategi Ctl Bagi Siswa Kelas Viii D Semester I Smp Negeri 3 Sawit

Sholikah, Anik and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Spldv Dengan Strategi Ctl Bagi Siswa Kelas Viii D Semester I Smp Negeri 3 Sawit. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan penalaran dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 3 Sawit, Boyolali yang berjumlah 34 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan dibantu guru matematika kelas VIIID. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penalaran dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menyajikan suatu kalimat atau pernyataan kedalam model matematika sebelum tindakan 20,6% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 61,8% 2)kemampuan siswa dalam menarik suatu kesimpulan sebelum tindakan 26,5% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 79,5% 3) kemampuan siswa dalam menyampaikan ide/gagasan sebelum tindakan 29,4% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 68% 4) kemampuan siswa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan sebelum dilakukan tindakan 20,6% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 70,6% 5) kemampuan siswa dalam memanfaatkan dan memilih prosedur dalam menyelesaikan soal sebelum dilakukan tindakan 29,5% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 64,8% 6) kemampuan siswa yang dapat mengaplikasikan konsep ke dalam pemecahan masalah sebelum dilakukan tindakan 23% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 53%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penalaran, pemahaman konsep, CTL (Contextual Teaching and Learning)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 05:05
Last Modified: 27 Oct 2021 21:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item View Item