Arifin, Zainal (2013) Peningkatan Tanggung Jawab Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Pada Bilangan Pecahan Dalam Pembelajaran Matematika (PTK di Kelas VII Semester Ganjil SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (324kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (171kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition di kelas VII I SMP Al Islam 1 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VII I SMP Al Islam 1 Surakarta. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 33 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab belajar siswa siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan. Hal ini dapat terlihat dari : : 1) Melaksanakan dan menyelesaikan tugas sebelum 27,27%, dan diakir tindakan mencapai 54,55%. 2) Menepati janji sebelum tindakan 30,3%, dan diakir tindakan mencapai 57,58%, 3) Mau menerima akibat dari perbuatannya sebelum tindakan 24,24%, dan diakir tindakan mencapai 51,52%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dapat meningkatkan kemampuan tanggung jawab belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Auditory, Intellectualy, Repetition, Tanggung Jawab. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Mar 2013 12:04 |
Last Modified: | 19 Mar 2013 12:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23180 |
Actions (login required)
View Item |