Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas X 2 Semester 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Retnowati, Dwi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom. (2013) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas X 2 Semester 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (756kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (718kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta melalui penggunaan model pembelajaran treffinger. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru matematika. Peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan sekaligus pengamat, guru matematika bertindak sebagai pengamat, sedangkan siswa kelas X 2 berjumlah 23 siswa bertindak sebagai subjek penerima tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif menggunakan metode alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model treffinger dapat meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator yang diamati, yaitu: 1) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah meningkat dari (30,43%) menjadi (73,91%), 2) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari (21,74%) menjadi (52,17%), 3) kemampuan siswa membuat kesimpulan meningkat dari (13,04%) menjadi (43,48%), 4) kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan atau keyakinan meningkat dari (26,09%) menjadi (65,22%), 5) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan meningkat dari (21,74%) menjadi (56,52%), 6) kemampuan siswa dalam kerjasama atau berbagi pengetahuan meningkat dari (30,43%) menjadi (78,26%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model treffinger dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, disposisi matematis, pembelajaran matematika,treffinger.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Mar 2013 11:23
Last Modified: 03 Nov 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item View Item