Peningkatan Aktifitas Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Malanggaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Muryanti, Muryanti and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Aktifitas Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Malanggaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_MURYANTI_NIM.A54A100025.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar melalui model pembelajaran matematika realistic. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas/classroom action research. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 24 siswa. Obyek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran matematika realistic (PMR). Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obvservasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik trianggulasi metode dan teknik trianggulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang terlihat dalam 6 indikator; yaitu aktivitas siswa memperhatikan penjelasan guru, aktivitas siswa bertanya, mengungkapkan pendapat, dan menjawab pertanyaan, aktivitas siswa semangat atau antusias belajar, aktivitas siswa tidak mengobrol atau mengganggu teman saaat pembelajaran, aktivitas siswa membantu dan bekerja sama dalam kegiatan belajar, aktivitas siswa aktif dan bertanggung jawab terhadap tugas kelompok. Aktivitas siswa memperhatikan penjelasan guru dari siklus I 66.67 % menjadi 79.16% pada siklus II. Aktivitas siswa bertanya dari siklus I 41.67% menjadi 87.50% pada siklus II. Aktivitas siswa semangat atau antusias belajar dari siklus I 66.67% menjadi 91.67% pada siklus II. Aktivitas siswa tidak mengobrol atau mengganggu teman saat pembelajaran dari siklus I 58.33% menjadi 75% pada siklus II. Aktivitas membantu dan bekerja sama dalam kegiatan belajar dari siklus I 70.83%% menjadi 79.16% pada siklus II. Aktivitas siswa aktif dan bertanggung jawab terhadap tugas kelompok pada siklus I 54.16% menjadi 83.33% pada siklus II. Selain peningkatan indikator, juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa: pra siklus mencapai 11 siswa (45.83%), kemudian pada siklus I mencapai 18 siswa (62.50% ) dan meningkat pada siklus II mencapai 20 siswa (83.33%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, model Pembelajaran Realistik Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 05:48
Last Modified: 03 Nov 2021 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23073

Actions (login required)

View Item View Item