Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Dasar Menghitung Volume Kubus Dan Balok Melalui Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sedayu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Lestari, Sri and , Dra. Suparti,M.Si (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Dasar Menghitung Volume Kubus Dan Balok Melalui Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sedayu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_II.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Bab V)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menghitung volum kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sedayu Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi menghitung volum kubus dan balok dengan penggunaan metode Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sedayu Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Sedayu Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 35 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Penelitian ini merupakan serangkaian penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan (plan), Tindakan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting), adapun hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rerata setelah dilakukan pembelajaran dengan metode CTL Siklus I diketahui nilai rerata 69,51 ketuntasan secara klasikal mencapai 59,09 %. Siklus II diketahui nilai rerata 80,57 ketuntasan secara klasikal mencapai 100 %. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menghitung volum kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sedayu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karangnyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, metode Contextual Teaching And Learning .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 12:16
Last Modified: 03 Nov 2021 03:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23057

Actions (login required)

View Item View Item