Peningkatan Motivasi Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Metode CTL Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kemuning Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Ajeng, Wahyu Kusuma (2013) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Metode CTL Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kemuning Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (486kB)

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang ada di SD yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah IPA, yang merupakan tempat pertama siswa mengenal konsep-konsep dasar IPA, karena itu pengetahuan yang diterima siswa hendaknya menjadi dasar yang dapat dikembangkan di tingkat sekolah yang lebih tinggi di samping mempunyai kegiatan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas IV SD Negeri 03 Kemuning dan data hasil ulangan materi perubahan wujud benda, motivasi dan prestasi belajar siswa masih rendah hanya 20% siswa yang mempunyai motivasi belajar baik. Rendahnya hasil belajar IPA siswa dibanding mata pelajaran lain karena hingga kini proses pembelajaran masih menggunakan paradigma absolutisme yaitu proses dimulai dari merancang kegiatan pembelajaran, mengajar, belajar, dan melakukan evaluasi yang mengalir secara linier. Guru lebih banyak berfungsi sebagai instruktur yang sangat aktif dan siswa sebagai penerima pengetahuan yang pasif. Siswa yang belajar tinggal datang ke sekolah duduk mendengarkan, mencatat, dan mengulang kembali di rumah serta menghafal untuk menghadapi ulangan. Pembelajaran seperti ini membuat siswa pasif karena siswa berada pada rutinitas yang membosankan sehingga pembelajaran kurang menarik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan motivasi belajar pra siklus sebesar 25%, siklus I sebesar 45 % dan Siklus II mendapatkan hasil sebesar 85%. Saran yang dapat diberikan yaitu guru hendaknya lebih selektif dalam memilih pendekatan pembelajaran dan kreatif dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa serta memperbaiki kualitas pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, Motivasi Belajar, IPA, Perubahan Wujud Benda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 10:11
Last Modified: 03 Nov 2021 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23041

Actions (login required)

View Item View Item