Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Sanksi Berjenjang Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas II SD N 01 Jatisawit Jatiyoso Karanganyar Tahun 2012/2013

Cahyono, Eko and , Drs. Andi Haris Prabowo,M.Hum (2013) Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Sanksi Berjenjang Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas II SD N 01 Jatisawit Jatiyoso Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab Ii)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah yaitu : Apakah dengan dengan melalui sanksi berjenjang dapat meningkatkan disiplin belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas II SD N 01 Jatisawit tahun pelajaran 2012/2013?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas II SDN 01 Jatisawit tahun pelajaran 2012/2013 melalui sanksi berjenjang. Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa peningkatan kedisiplinan belajar matematika bagi siswa kelas II dengan penggunaan tehnik sanksi berjenjang. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas II SDN 01 Jatisawit, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pra Siklus menunjukan siswa yang mencapai ketuntasan belajar nilai rata-rata hanya 61,36 pada siklus I menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar nilai rata-rata sebesar 71,36 dan siklus II nilai rata-rata sebesar 75,68 atau 100% siswa sudah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik sanksi berjenjang dapat meningkatkan kedisiplinan belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas II SD Negeri 01 Jatisawit Jatiyoso Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan belajar siswa sanksi berjenjang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 07:37
Last Modified: 03 Nov 2021 02:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23040

Actions (login required)

View Item View Item