Sulistyaningrum, Danik and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Bamboo Dancingpada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (422kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifandan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Bamboo Dancing pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 42 siswa yang teridir dari 23 putra dan 19 putri. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan penerapanmetode pembelajaran Bamboo Dancing pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa pada akhir siklus II mencapai 82,62% dari kondisi awal sebesar 54,05%. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memberikan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 45,22% setelah tindakan menjadi 92,82%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 64,26% setelah tindakan menjadi 88,06%, dan 3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 16,66% setelah tindakan menjadi 99,96%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan sebagian besar siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta mengalami peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada pembelajaran matematika
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa,Metode Bamboo Dancing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 11:22 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23007 |
Actions (login required)
View Item |