Saputri, Meida Gesti and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Melalui Strategi Conseptual Understanding Prosedures (Cups) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Godong Grobogan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (899kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (629kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Godong melalui penerapan strategi Conseptual Understanding Prosedures (CUPs). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV dalam pembelajaran. Indikator pemahaman konsep antara lain: serius mempelajari materi, ketepatan menjawab pertanyaan dan aktif bertanya. Pada setiap tindakan pemahaman siswa selalu mengalami peningkatan, begitu juga dengan hasil belajar siswa. Apabila pemahaman siswa meningkat maka akan berpengaruh pada hasil belajar. Pada siklus I, pemahaman dan hasil belajar siswa belum mencapai hasil yang diharapkan, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, pemahaman dan hasil belajar siswa sudah mencapai hasil yang diharapkan yaitu 75 % dari jumlah siswa telah mencapai KKM 65. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Conseptual Understanding Prosedures (CUPs) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 3 Godong tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Conseptual Understanding Prosedures (CUPs), pemahaman konsep, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 09:08 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 13:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22990 |
Actions (login required)
View Item |