Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Melalui Strategi Conseptual Understanding Prosedures (Cups) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Godong Grobogan Tahun 2012/2013

Saputri, Meida Gesti and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Melalui Strategi Conseptual Understanding Prosedures (Cups) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Godong Grobogan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (899kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (629kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Godong melalui penerapan strategi Conseptual Understanding Prosedures (CUPs). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV dalam pembelajaran. Indikator pemahaman konsep antara lain: serius mempelajari materi, ketepatan menjawab pertanyaan dan aktif bertanya. Pada setiap tindakan pemahaman siswa selalu mengalami peningkatan, begitu juga dengan hasil belajar siswa. Apabila pemahaman siswa meningkat maka akan berpengaruh pada hasil belajar. Pada siklus I, pemahaman dan hasil belajar siswa belum mencapai hasil yang diharapkan, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, pemahaman dan hasil belajar siswa sudah mencapai hasil yang diharapkan yaitu 75 % dari jumlah siswa telah mencapai KKM 65. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Conseptual Understanding Prosedures (CUPs) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 3 Godong tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Conseptual Understanding Prosedures (CUPs), pemahaman konsep, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 09:08
Last Modified: 29 Oct 2021 13:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22990

Actions (login required)

View Item View Item