Nugroho, Bayu Dimas and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (373kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (157kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk meningkatkan minat belajar siswa dan tentunya hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes melalui penerapan metode Missouri Mathematics Project (MMP). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan pra siklus, dimana peneliti bertindak sebagai observer guru kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes, kemudian peneliti melakukan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan pembelajaran matematika dengan metode Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan minat belajar. Peningkatan minat belajar dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu a)Merasa senang saat pembelajaran, yaitu pada pra siklus 36,30%, Siklus I 71,85%, dan Siklus II 85,93%,. b)Ikut berpartisipasi berpikir(memberikan tanggapan) yaitu pada pra siklus 49,63%, Siklus I 67,41%, dan Siklus II 80,74%,.c)Kemauan atau keinginan dalam belajar yaitu pada pra siklus 54,81%, Siklus I 67,41%, dan Siklus II 79,26%. Dari peningkatan minat juga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa dengan data diperoleh pada pra siklus sebanyak 15 siswa atau sebesar 55, 56%, prosentase ketuntasan yang diperoleh siklus I sebanyak 19 siswa atau sebesar 70,37%%, prosentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus II sebanyak 23 siswa atau sebesar 85, 18%. . Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan pembelajaran melalui penerapan metode Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Missouri Mathematics Project, minat , hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 21 Feb 2013 11:43 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22791 |
Actions (login required)
View Item |