Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Naskah Drama Satu Babak Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Viii Rkbi Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Budianto, Angga Eko and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Naskah Drama Satu Babak Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Viii Rkbi Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan media audiovisual pada siswa kelas VIII RKBI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013, dan (2) meningkatkan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak dengan media audiovisual pada siswa kelas VIII RKBI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini berbentuk PTK. Data penelitian ini adalah tindakan siswa pada saat pembelajaran, dan kalimat dari hasil naskah drama satu babak yang ditulis siswa. Sumber data penelitian ini adalah KBM di kelas VIII RKBI SMP SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Informan penelitian ini adalah guru bidang studi bahasa Indonesia. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kritis dan teknik komparatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media audiovisual dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam menulis kreatif naskah drama satu babak. Keaktifan siswa mengikuti pembelajaran pada siklus I sebesar 59,46% (13 siswa), dan siklus II menjadi 89,19% (20 siswa) jadi mengalami peningkatan sebesar 29,73%. Kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak siswa telah mencapai KKM sebesar 68, pada siklus I mencapai 62,16% (13 siswa),dan siklus II 89,19% (20 siswa) jadi mengalami peningkatan sebesar 27,03%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemampuan menulis kreatif, naskah drama satu babak, media audiovisual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2013 09:01
Last Modified: 28 Oct 2021 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22781

Actions (login required)

View Item View Item