Aspek Sosial Dalam Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma

Wibawa, Panca Aji and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2013) Aspek Sosial Dalam Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
04._BAB_I.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (285kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsur yang membangun novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro; (2) aspek sosial dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah aspek sosial dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro, melalui pendekatan sosiologi sastra. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan paragraf yang mengandung aspek sosial dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, simak dan teknik catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dialektika yang penerapannya bersifat menghubungkan unsur-unsur yang ada dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro dengan fakta-fakta kemanusiaan yang diintegrasikan ke dalam satu kesatuan makna. Struktur novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro difokuskan pada: tema, alur, penokohan, dan latar. Tema novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro adalah tentang persahabatan yang abadi. Alur atau plot novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro adalah plot maju. Penokohan dalam Novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro adalah terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah Genta, sedangkan tokoh tambahan adalah Zafran, Riani, Ian dan Arial. Adapun latar dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro adalah latar waktu ditunjukkan pada awal cerita dan akhir cerita dalam novel. Latar tempat ditunjukkan dengan nama-nama tempat di antaranya adalah Puncak Mahameru. Aspek sosial dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro yang berkaitan dengan masalah sosial adalah a) masalah kemiskinan yang menyebabkan Mbok Jumi terkesan seperti tidak dihargai oleh pegawai lain di tempat ia bekerja, b) masalah kejahatan yang dilakukan oleh sopir angkot adalah memberhentikan angkotnya di suatu tempat untuk menunggu penumpang lain agar angkotnya terisi penuh oleh penumpang yang mengakibatkan kemacetan panjang di jalan, c) dan masalah kenakalan remaja yaitu ketika Zafran selalu melihat bagian tubuh tertentu Dinda yang kemudian menimbulkan efek buruk terhadap dirinya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek sosial 5 cm, Sosiologi Sastra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2013 08:52
Last Modified: 28 Oct 2021 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22780

Actions (login required)

View Item View Item