Purnamasari, Nanik and , Drs. Djumali, M.Pd and , Drs. Nur Chusni, SE.,M.Ag (2013) Pengaruh Komunikasi Dan Kepemimpinan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Satu Atap Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (987kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh Komunikasi terhadap Aktivitas belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3, Satu Atap Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013, (2) Untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan guru terhadap Aktivitas belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3, Satu Atap Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013; (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Komunikasi dan Kepemimpinan guru terhadap Aktivitas belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3, Satu Atap Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif yang penarikan kesimpulannya pada hasil statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3, Satu Atap Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 128 siswa , sedangkan yang dijadikan sampel sebesar 95 siswa. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik random sampling, dengan mengunakan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 19,970 + 0,250. + 0,332 persamaan menunjukkan bahwa aktivitas belajar dipengaruhi oleh komunikasi dan kepemimpinan guru. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah : (1) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel = 2,151 > 1,986 pada taraf signifikansi 0,05. (2) kepemimpinan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel = 2,280 > 1,986 pada taraf signifikasi 0,05. (3) komunikasi dan kepemimpinan guru berpengaruh signifikan secara simultan terhadap aktivitas belajar dengan nilai Fhitung> Ftabel = 8,669 > 3,095, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil perhitungan R2 sebesar 15,9%, berarti 15,9% aktivitas belajar dipengaruhi oleh komunikasi dan kepemimpinan guru, sedangkan sisanya 84,1% dipengaruhi variabel lain. Variabel Komunikasi memberikan sumbangan Efektif 7,7% dan sumbangan relatif sebesar 47,96% terhadap aktivitas belajar siswa. Kepemimpinan guru memberikan sumbangan efektif sebesar 8,2% dan sumbangan relatif sebesar 52,04% terhadap aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, kepemimpinan guru, aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 20 Feb 2013 07:42 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22770 |
Actions (login required)
View Item |