“Penggunaan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SD Islam Al Irsyad Tawangmangu Tahun Pelajaran 2011/2012

Narotama, Indra and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2013) “Penggunaan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SD Islam Al Irsyad Tawangmangu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (355kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (217kB)

Abstract

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui penggunaan manik-manik dapat meningkatkan kemampuan menghitung penguranagn bilangan bulat siswa kelas IV SD Islam Al Irsyad, (2) untuk mengetahui proses penggunaan manik-manik dapat meningkatkan kemampuan menghitung pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SD Islam Al Irsyad Tawangmangu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Intrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi berupa lembar pengamatan keaktifan sis wa dan guru, tes tertulis serta daftar nilai kelas IV SD Islam Al IrsyadTawangmangu.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan media manik-manik dapat meningkatkan kemampuan kemampuan menghitung pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SD Islam Al Irsyad tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dibuktikan dari perbandingan hasil nilai tugas akhir siswa pada nilai awal nilai rata-rata kelas adalah 50,42, Nilai rata-rata kelas pada Siklus I adalah 67,5 dan nilai rata-rata kelas siklus II adalah 76,25. Pada siklus I nilai masing-masing siswa yang mengalami peningkatan 14 siswa (70%) dengan nilai diatas KKM, 6 siswa (30%) dengan nilai dibawah KKM. Sedangkan Siklus II sebanyak 12 siswa (60%) mengalami peningkatan, sebanyak 6 siswa (30%) memperoleh nilai yang sama dan 2 orang siswa (10%) mendapat nilai di bawah KKM. .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan manik-manik, meningkatkan kemampuan menghitung pengurangan, sekolah dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Feb 2013 11:35
Last Modified: 27 Oct 2021 01:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22626

Actions (login required)

View Item View Item