Musarofah, Hanik (2012) Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Krisna Pabhicara: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (181kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4_BAB_I.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Bab II)
5_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
6_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab IV)
7_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab V)
8_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (208kB) |
Abstract
novel Sepatu Dahlan karya Krisna Pabhicara, (2) mendeskripsikan nilai-nilai edukatif dalam novel Sepatu Dahlan karya Krisna Pabhicara, dan (3) mendeskripsikan implikasi nilai-nilai edukatif dalam novel Sepatu Dahlan karya Krisna Pabhicara. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai edukatif dalam novel Sepatu Dahlan karya Krisna Pabhicara. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat dan pustaka.Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan dialektika. Analisis struktural dalam novel Sepatu Dahlan, yaitu tema (kegigihan, kesederhanaan, dan tanggung jawab). Penokohan dalam novel ini meliputi tokoh utama adalah Dahlan, dan tokoh tambahan tambahan antara lain Bapak, Ibu, Maryati, Zain, dll. Alur dalam novel ini menggunakan alur/plot flash back yang diawali dari akhir cerita lalu kembali ke masa lalu kemudian kembali ke awal cerita lagi. Latar dalam novel ini meliputi tiga macam, yaitu (1) latar tempat antara lain Kebon Dalem, Pondok Pesantren, Sungai Kanal, dll, (2) latar waktu dalam novel Sepatu Dahlan, yaitu sekitar tahun 1962__2007, dan (3) latar sosial antara lain latar sosial masyarakat yang miskin, religius, dan berpendidikan. Analisis nilai-nilai edukatif dalam novel Sepatu Dahlan karya Krisna Pabhicara dengan menggunakan tinjauan sosiologi sastra antara lain (1) cinta dan kasih sayang adalah katalis untuk perubahan, perkembangan, dan pencapaian, (2) kerja sama atau tolong-menolong adalah pengenalan akan nilai dari keikutsertaan semua pribadi dan bagaimana mempertahankan sikap baik, (3) kebahagiaan adalah keadaan damai di mana tidak ada kekerasan, (4) kesederhanaan adalah menghargai hal terkecil dalam hidup, (5) persatuan adalah keharmonisan antara individu dalam suatu kelompok, dan (6) tanggung jawab adalah menggunakan seluruh daya untuk perubahan yang positif. Implikasi nilai-nilai edukatif dalam novel Sepatu Dahlan karya Krisna Pabhicara dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar di SMA kelas XI semester satu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai edukatif, Novel Sepatu Dahlan, Sosiologi Sastra |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 07:42 |
Last Modified: | 06 Feb 2013 07:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22586 |
Actions (login required)
View Item |