Astriati, Fitra and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Kesalahan Struktur Dan Pemakaian Kata Pada Tuturan Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Amanah Ummah 3 Duwet Kecamatan Wonosari Dan TK ABA Jambu Kulon Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (413kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (341kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk dan pola kesalahan struktur serta bentuk-bentuk dan pola kesalahan pemakaian kata pada tuturan anak usia 4-5 tahun di TKIT Amanah Ummah 3 dan TK ABA Jambu Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Penelitian ini dilakukan di TKIT Amanah Ummah 3 Duwet Kecamatan Wonosari dan TK ABA Jambu Kulon Kecamatan Ceper dengan objek penelitian tuturan anak usia 4-5 tahun di TKIT Amanah Ummah 3 dan TK ABA Jambu Kulon yang merupakan kesalahan struktur dan kesalahan pemakaian kata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, teknik yang digunakan adalah teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik bagi unsur langsung dan teknik lanjutan yang berupa teknik lesap, teknik sisip, dan teknik ganti. Hasil penelitian ini ada empat hal. Pertama, bentuk bentuk kesalahan struktur meliputi (a) kalimat tidak bersubjek, (b) penanggalan konjungsi, dan (c) penggunaan preposisi yang tidak tepat. Berdasarkan analisis, terdapat 13 kesalahan (48,15%) yang terjadi di TKIT Amanah Ummah 3 dan 14 kesalahan (51,85%) terjadi di TK ABA Jambu Kulon. Kedua, bentuk-bentuk kesalahan pemakaian kata meliputi (a) penggunaan bentuk yang tidak baku, (b) penggunaan kata bahasa Jawa, (c) pelesapan afiks, dan (d) pilihan kata yang tidak tepat. Berdasarkan analisis, terdapat 72 frekuensi (46,75%) kesalahan pemakaian kata yang terjadi di TKIT Amanah Ummah 3 dan 82 frekuensi (53,25%) kesalahan pemakaian kata terjadi di TK ABA Jambu Kulon. Ketiga, pola kesalahan struktur pada tuturan anak usia 4-5 tahun di TKIT Amanah Ummah 3 Duwet dan TK ABA Jambu Kulon meliputi: (a) tidak adanya subjek kalimat (K1-P-K2 → S-K1-P-K2), (b) pelesapan konjungsi (aku tidor mandi → aku tidur lalu mandi), dan (c) penggunaan preposisi yang tidak tepat (Aku renang ke kolam → aku berenang di kolam). Keempat, pola kesalahan pemakaian kata di TKIT Amanah Ummah 3 dan TK ABA Jambu Kulon meliputi: (a) pola fonologi (kemaren → kemarin), (b) pelesapan afiks (nulis → menulis), (c) pemakaian bahasa Jawa (tumbas → membeli), (d) verba diganti nomina (maenan → bermain), (e) adverbia diganti verba (habis → setelah), dan (f) konjungsi diganti adjektiva (sama → dan).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tuturan, kasus, pola, kesalahan struktur, kesalahan pemakaian kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 07:10 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 06:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22583 |
Actions (login required)
View Item |