SUMINTEN, SUMINTEN (2012) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Kenaiban, Juwiring, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (398kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (daftarPustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PPUBLIKASI.pdf Download (288kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain kartu angka pada anak kelompok B TK Aisyiyah Kenaiban, Juwiring, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, tingkat kemampuan kognitif anak rendah dan guru mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan berbagai metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah menggunakan bermain kartu angka. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Kenaiban yang berjumlah 20 anak disertai penguji hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilakukan 3 siklus. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan menggunakan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak TK Aisyiyah Kenaiban, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 meningkat minimal 82,06%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain kartu angka, yakni kemampuan kognitif pra siklus sebanyak 5 anak (25%), peningkatan kemampuan kognitif siklus I 12 anak (60%), peningkatan kemampuan kognitif siklus II 14 anak (70%), dan peningkatan kemampuan kognitif siklus III 16 anak (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “diduga melalui bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Aisyiyah Kenaiban, Juwiring, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan kognitif, bermain kartu angka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 11:50 |
Last Modified: | 05 Dec 2012 12:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21832 |
Actions (login required)
View Item |