Novitasari, Maria (2012) Peningkatan Kreatifitas Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendengarkan Cerita Rakyat dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V Semester I SDN Pati Wetan 02 kec. Pati Kab. Pati Tahun 2012 –2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
![]()
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (201kB) |
|
![]()
|
PDF (Bab I)
4._BAB_1.pdf Download (21kB) |
|
![]() |
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
![]() |
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
![]() |
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
![]() |
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
![]()
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
![]() |
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]()
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (223kB) |
Abstract
P e n elitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat melalui Metode Bermain Peran. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Pati Wetan 02 Pati yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari 3 komponen yaitu; Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Relfeksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat pada siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan hasil kreatifitas siswa dalam belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentasi ketuntasan hasil belajar siswa dalam kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan sebesar 61,11% atau 11 siswa dan pada siklus II sebesar 83,33% atau 15 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat pada siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat, metode bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 09:44 |
Last Modified: | 28 Nov 2012 09:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |