Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris (Muatan Lokal) Membaca Nyaring Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tempursari Sambi Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013

Handoko, Agus (2012) Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris (Muatan Lokal) Membaca Nyaring Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tempursari Sambi Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3_COVER_BAB_00_AGUS_HANDOKO_UMS.pdf

Download (421kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4_BAB_1.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
5_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
6_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
7_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
8_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_NASKAH_PUBLIKASI_AGUS_H.pdf

Download (335kB)

Abstract

Proses pembelajaran menggunakaan media audio visual (video) perlu dikembangkan untuk meningkatkan efektifitas pencapaian tujuan dalam pembelajaran. Melalui media yang telah dikembangkan siswa dapat menggunakaan secara optimal alat indera yang dimilikinya. Semakin banyak alat indera yang digunakan oleh siswa maka sesuatu yang dipelajari akan makin mudah diterima dan diingat, akhirnya media dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar lebih baik. Tujuan penelitian yang dicapai adalah untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris (Muatan Lokal) membaca nyaring melalui media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tempursari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui proses kerja kolaborasi antara kepala sekolah, guru Bahasa Inggris, dan peneliti di lingkungan sekolah dengan proses penelitian berbentuk siklus. Subjek yang diteliti adalah siswa dan guru di SD Negeri 1 Tempursari Sambi pada I Tahun Pelajaran 2012/2013 khususnya pada kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris (muatan lokal) membaca nyaring pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tempursari Sambi Tahun Pelajaran 2012/2013, hal ini dapat dilihat pada nilai pra siklus yang siswa yang tergolong minat tinggi hanya 1 siswa (4,17%), siklus II minat belajar tergolong tinggi sebanyak 3 siswa (12,50%), dan pada siklus II yang mempunyai minat belajar tinggi meningkat menjadi 10 siswa (41,68%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2012 06:59
Last Modified: 28 Nov 2012 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item View Item