Muzamil, Ahmad (2012) Penggunaan Metode Team Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas III SDN 2 Bandungan Jatinom Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (468kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04_BAB__I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (BAB II)
05_BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (BAB III)
06_BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (BAB IV)
07_BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (BAB V)
08_BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan penguasaan mata pelajaran Matematika pada pokok bahasan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka menggunakan penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Bandungan Jatinom Klaten yang berjumlah 18 siswa.Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan siswa pada mata pelajaran Matematika pada pokok bahasan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran pada ranah afektif yaitu adanya peningkatan dari perhatian terhadap pelajaran pada siklus I (44,4 %), pada siklus II (66,6 %), pada siklus III (83,3 %). Keseriusan mengikuti pelajaran pada siklus I (33,3 %), pada siklus II (61,1 %), pada siklus III (77,7 %). Keaktifan dalam kelompok pada siklus I (50 %), pada siklus II (55 %), pada siklus III (77,7 %). mengerjakan soal di depan kelas pada siklus I (38,9 %), pada siklus II (61,1 %), pada siklus III (88,8 %). Adapun pada ranah kognitif yaitu sebelum tindakan sebesar 22,2 %, setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 27,7 %, pada siklus II sebesar 61,1 %, pada siklus III sebesar 94,4 %. Hasil penelitian ini diperoleh dari dokumentasi dan hasil tes dengan KKM sebesar = 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan penguasaan siswa pada mata pelajaran Matematika dalam pokok bahasan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka kelas III SD Negeri 2 Bandungan Jatinom Klaten tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penguasaan siswa, metode Team Accelerated Instruction (TAI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 10:30 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 15:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21487 |
Actions (login required)
View Item |