Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Randusari Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Kusriyatun, Kusriyatun (2012) Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Randusari Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampuran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi Index Card Match di SDN 2 Randusari kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN 2 Randusari yang berjumlah 31 siswa dengan jumlah anak laki-laki 17 dan perempuan 14. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengguna kan observasi, evaluasi (tes) dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan strategi Index Card Match pada pembelajaran IPA terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 2 Randusari. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yaitu sebelum adanya perlakuan/prasiklus nilai rata -rata prestasi belajar siswa sebesar 54,84. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi Index Card Match pada siklus I nilai rata -rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 67,10 pada siklus II rata -rata nilai prestasi belajar siswa meningkat menjadi 76,45.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Index Card Match, prestasi belajar, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 09:49
Last Modified: 23 Nov 2012 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item View Item