Sartinem, Sartinem (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN.2 Gergunung, Klaten Utara, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (561kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH__PUBLIKASI.pdf Download (601kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Gergunung Klaten utara Klaten . Jenis penelitian ini adalah PTK, dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN 2 Gergunung Klaten Utara Klaten Pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN 2 Gergunung Klaten Utara, guru menetapkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) 61. Dengan menggunakan metode yang konvensional, dan hasil belajar siswa pada prasiklus ada 11 siswa atau 34% sedangkan anak yang belum tuntas belajar ada 21 siswa atau 66%, nilai rata – rata kelas 65,31. Hal seperti ini, pembelajaran matematika dapat dikatakan belum mencapai tujuan yang diharapkan. Karena hasil belajar matematika yang masih rendah, maka sebagai guru berusaha melakukan perbaikan pembelajaran agar hasil belajar matematika dapat di tingkatkan. Pembelajaran melalui penggunaan model problem solving dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit tiap pertemuan. Siklus I dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Oktober 2012 dan Sabtu tanggal 6 Oktober 2012, sedangkan Siklus II dilaksanakan pada hari Kamis 11 Oktober 2012 dan Sabtu tanggal 13 Oktober 2012. Hasil tindakan menunjukkan keberhasilan yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model problem solving Berarti upaya peneliti untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model problem solving prestasi belajar siswa pra siklus 34 %, siklus I 66 % berarti mengalami peningkatan 32 % dan pada siklus II 94 % atau mengalami kenaikandan pada mata pelajaran matematika siswa kelas II di SDN 2 Gergunung Klaten Utara, Klaten tahun ajaran 2012/2013 berhasil.Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di lapangan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar matematika dengan model problem solving
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model problem solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 07:12 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 07:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21475 |
Actions (login required)
View Item |