Solaita, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Metode Aism Pada Kelompok B Tk Aba Gondang Kebonarum Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (430kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (251kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak melalui metode AISM di TK ABA Gondang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas disebut juga Classroom Action Reseaech (CAR). Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan lebih sedikit di TK ABA Gondang Tahun Pelajaran 2012/2013. Dimana materi pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang berjumlah 21 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 14 anak perempuan, serta guru yang berjumlah 4 orang. Data tentang peningkatan kemampuan membaca awal dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi . Tehnik analisis data melalui tiga tahap antara lain reduksi data, display data, dan penyimpulan. Trianggulasi merupakan tehnik untuk validasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca awal anak melalui metode AISM. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan membaca awal mencapai 28.6%. Siklus I 66.3% yan sebelumnya 56.3%. Siklus II 84.9% yang sebelumnya 66.3%. kesimpulan dari penelitian ini adalah metode AISM dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca Awal melalui metode AISM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 07:06 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 07:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21415 |
Actions (login required)
View Item |