Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Melalui Media Gambar Pada Kelompok A Tk Aba Gondang Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Kurniawati, Yeni (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Melalui Media Gambar Pada Kelompok A Tk Aba Gondang Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini menitik beratkan pada masalah rendahnya kemampuan keterampilan berbicara anak. Dimana masih banyak anak yang belum mampu mengucapkan artikulasi/pengucapan kata yang tepat, menjawab pertanyaan, bercerita didepan kelas dengan bahasanya sendiri. Dalam penelitian ini tujuan yang akan dicapai adalah meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran melalui media gambar pada kelompok A TK ABA Gondang Kabupaten Klaten Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan TK ABA Gondang, subyek penelitian adalah anak TK ABA Gondang yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dan guru. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Tehnik analisis data melalui tiga tahap antara lain reduksi data, display data, dan penyimpulan. Trianggulasi merupakan tehnik untuk validasi data. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan media gambar prosentase keterampilan berbicara anak meningkat dari siklus I 67,3% menjadi 84,6% pada siklus II. Dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian ini anak berani mengungkapkan idea atau gagasan sendiri karena memiliki perbendaraan kata yang banyak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan berbicara ,media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 04:44
Last Modified: 22 Nov 2012 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21406

Actions (login required)

View Item View Item