Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Metode Group Investigation Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Winong 02 Pati Tahun 2012

Supriyanto, Wahyu (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Metode Group Investigation Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Winong 02 Pati Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._SAMPUL_SKRIPSI.pdf

Download (505kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas I dengan metode group Investigation. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN Winong 02 yang berjumlah 25 siswa.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. uji Validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan analisis.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklusterdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar IPS siswa.Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang meningkat . hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siklus I pertemuan I sebesar 72% atau 18 siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 76% atau 19 siswa serta pada siklus II pertemuan I sebesar 80% atau 20 siswa, pada siklus II pertemuan II sebesar 92 % atau 23siswa Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode group Investigation mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, metode group Investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 14:10
Last Modified: 21 Nov 2012 14:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item View Item