ROBILAH, ROBILAH (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Aba Melikan I Wedi Klaten Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (219kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan berbahasa anak kelas B melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Melikan 1 Kecamatan Wedi Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelas B TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Melikan 1 Kecamatan Wedi yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi, penerapan metode bercerita, wawancara yang digunakan adalah antara peneliti dengan anak dan berdokumentasi dalam penelitian ini adalah daftar anak, foto kegiatan bercerita. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisa secara deskriptif kuantitatif model alur. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berbahasa anak kelompok B TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Melikan 1 Kecamatan Wedi tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu anak yang dapat berbahasa dengan lancar sebesar 20%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan metode bercerita pada proses pembelajaran kemampuan berbahasa anak, diperoleh hasil yaitu siklus I menjadi 40% siklus II meningkat menjadi 60% dan siklus III meningkan menjadi 80%. Hasil penelitian sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka penggunakan metode bercerita dengan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelas B TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Melikan 1 Kecamatan Wedi tahun pelajaran 2012/2013”
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bercerita dengan buku cerita bergambar, kemampuan berbahasa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 11:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 15:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21364 |
Actions (login required)
View Item |