Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Bercerita Dengan Celemek Pada Anak Didik Kelompok A TK Islam Bakti XI Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Natalia, Desy (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Bercerita Dengan Celemek Pada Anak Didik Kelompok A TK Islam Bakti XI Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui kegiatan bercerita dengan celemek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A di Taman Kanak-Kanak Islam Bakti XI Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berhitung anak. Data kemampuan berhitung anak dikumpulkan dengan observasi dan data tentang pembelajaran bercerita dengan celemek dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data kemampuan berhitung dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata kemampuan berhitung anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus. Analisis data pembelajaran bercerita dengan celemek dilakukan dengan analisis interaktif, yaitu mengecek hasil observasi pembelajaran setiap siklus. Skor rata-rata kemampuan berhitung anak sebelum dilakukan tindakan adalah 37,25%. Setelah siklus I kemampuan berhitung anak meningkat menjadi 53,36%, pada siklus II kemampuan berhitung anak meningkat menjadi 80,04%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bercerita dengan celemek dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Islam Bakti XI Surakarta Tahun 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung permulaan,metode bercerita dengan celemek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:05
Last Modified: 21 Nov 2012 15:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21361

Actions (login required)

View Item View Item