Listiyani, Titik (2012) Upaya Meningkatan Kemandirian Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak 01 Pereng Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (409kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (278kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peningkatan kemandirian anak di Taman Kanak-kanak 01 Pereng Mojogedang Karanganyar Tahun 2011 / 2012 melalui Metode Proyek, dan mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan metode proyek sehingga dapat meningkatkan kemandirian anak Taman Kanak-kanak 01 PerengMojogedangKaranganyar tahun 2011 / 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-kanak 01 Pereng Mojogedang Karanganyar yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasidan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Kemandirian anak anak Taman Kanak-kanak 01 PerengMojogedang Karanganyar: Siswa yang telah dinyatakan tuntas (memiliki aktifitas menunjukkan kemandirian memadai ada 50 %, sedangkan yang belum tuntas ada 50 %. Siswa yang telah dinyatakan tuntas (memiliki aktifitas menunjukkan kemandirian memadai ada 75 %, sedangkan yang belum tuntas ada 25 %. 3. Pada siklus III menunjukkan bahwa jumlah Siswa yang mendapatkan jumlah nilai 39 ada 1 anak, dan nilai 40 ada 19 anak. Siswa yang telah dinyatakan tuntas (memiliki aktifitas menunjukkan kemandirian memadai ada 100 %, sedangkan yang belum tuntas ada 0 %. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode proyek dapatmelatih serta meningkatkan kemandirian anak sejak dini di Taman Kanak-kanak 01 PerengMojogedang Karanganyar tahun pelajaran 2011/ 2012.Pembelajaran aktif dengan menerapkan metode proyekdapat menekankan keaktifan siswa untuk mengalami sendiri, untuk berlatih, untuk berkegiatan sehingga baik dengan daya pikir, emosional dan keterampilannya mereka belajar dan berlatih
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan, kemandirian Anak, Metode proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 10:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 10:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21345 |
Actions (login required)
View Item |