Upaya Meningkatkan Pembelajaran Sains Dengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Joton III Tahun Ajaran 2012/2013

Handayani, Wahyu (2012) Upaya Meningkatkan Pembelajaran Sains Dengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Joton III Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran sains dengan media gambar pada anak kelompok B Di TK Aisyiyah Joton III Tahun 2012/2013. Peneliti membatasi masalah dengan media gambar binatang untuk pembelajaran sains memperkenalkan binatang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tidakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua Siklus dengan empat kali pertemuan. Menggunakan metode Tanya jawab dan penugasan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B Di TK Aisyiyah Joton III Tahun 2012/2013 sebanyak 32 anak terdiri dari 18 anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada pembelajaran sains dengan media gambar pada anak kelompok B Di TK Aisyiyah Joton III Tahun 2012/2013. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya pembelajaran sains dengan media gambar yang awalnya 30% pada Pra Siklus meningkat menjadi persentasenya 38,16% dengan nilai rata-rata 1,9 kemudian dilakukan Siklus I pertemuan pertama 50,66% dengan nilai rata-rata 2,3 dilanjutkan Siklus I pertemuan kedua persentasenya 52,12% dengan nilai rata-rata 2,6dan dilanjutkan Siklus II pertemuan pertama 72,26% dengan nilai rata-rata 3,3 dilanjutkan Siklus II pertemuan kedua 81,35% dengan nilai rata-rata 3,4. Hal ini terlihat dari meningkatnya pembelajaran sains dengan media gambar terbukti meningkat dengan baik, dengan demikian melalui media gambar dapat meningkatkan pembelajaran sains pada anak kelompok B Di TK Aisyiyah Joton III Tahun 2012/2013 terbukti dan dapat diterima kebenaranya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran sains, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:42
Last Modified: 20 Nov 2012 12:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21314

Actions (login required)

View Item View Item