Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Dengan Permainan Kartu Gambar Pada Anak Kelas B Taman Kanak-Kanak Putra Utama PGRI Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Utami, Umi (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Dengan Permainan Kartu Gambar Pada Anak Kelas B Taman Kanak-Kanak Putra Utama PGRI Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (808kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (664kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak TK kelas B TK Putra Utama PGRI Klaten tahun pelajaran 2012/2013.Sebelum diberi tindakan kemampuan membaca awal anak masih kurang guru membuat solusi dengan menggunakan permainan kartu gambar. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai pemberi tindakan, sedangkan anak kelas B yang berjumlah 30 anak sebagai penerima tindakan. Data tentang perilaku anak dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan simak catat. Analisis data menggunakan analisis interaktif.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan menggunakan permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak pada TK Putra Utama PGRI Klaten tahun pelajaran 2012/2013 meningkat minimal 85% dari 20 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak diawali dari persentase peningkatan pada saat prasiklus sebesar 63,89%, siklus I peningkatan kemampuan membaca 72,08%, siklus II peningkatan kemampuan membaca awal anak sebesar 78,61%, siklus III peningkatan kemampuan membaca awal anak sebesar 85,42%. Persentase peningkatan kemampuan membaca awal anak TK Putra Utama PGRI sebesar 21.53%. “Diduga melalui metode permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak di kelompok B TK Putra Utama PGRI Klaten tahun pelajaran 2012/2013”

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca awal, kartu gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Nov 2012 07:29
Last Modified: 19 Nov 2012 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21270

Actions (login required)

View Item View Item