KUSUMANINGRUM , SANTI (2012) Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi Ngandong Gantiwarno Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (433kB) |
|
|
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (415kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bahasa lisan melalui metode cerita bergambar anak TK Pertiwi Ngandong, Gantiwarno, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Tempat penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Pertiwi Ngandong, Gantiwarno Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 14 anak. Waktu penelitian adalah tiga bulan dari bulan Agustus 2012 sampai Oktober 2012. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak semester II Kelompok B TK Pertiwi Ngandong, Gantiwarno, Klaten Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan Bahasa Lisan Anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, simak catat, dan wawancara. Dari pembelajaran yang telah dilakukan dalam tiga siklus dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode cerita bergambar dapat meningkatan kemampuan Bahasa Lisan Anak. Pembelajaran berjalan lancer meskipun ada kendala maupun masalah pada siklus I dan II tetapi kendala tersebut dapat diatasi dengan baik melalui perbaikan pada siklus III. Siklus III ini terjadi peningkatan kemampuan Bahasa Lisan Anak, setelah diterapkan dengan metode Cerita Bergambar. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan hasil belajar anak dalam kemampuan bahasa lisan anak mengalami peningkatan dari mulai sebelum tindakan sebelum tindakan/prasiklus 25% (3 anak), siklus I 45% (5 anak), siklus II 59% (8 anak) sedangkan pada siklus III 90% (12 anak). Respon anak dalam peningkatan kemampuan bahasa lisan terlihat lebih konsentrasi, antusias anak sangat baik anak sudah mulai terbiasa dengan metode bercerita anak sangat senang dan semangat karena suasana cerita yang menyenangkan. Rentang perhatian anak terhadap cerita semakin panjang, menjadi anak yang lebih percaya diri dengan segala kemampuan yang dimilikinya, kosa kata anak bertambah, mampu berbicara dengan kalimat yang lebih komplek dan mampumen ceritakan isi gambar yang ditunjukan guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa lisan, TK Pertiwi Ngandong, Cerita Bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 16 Nov 2012 11:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2012 12:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21248 |
Actions (login required)
View Item |