Ngazis, Ngabdul (2012) Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pembelajaran Menulis Karangan Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Keprabon Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (407kB) |
|
|
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf Download (158kB) |
|
PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran menulis karangan dengan menerapkan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri I Keprabon Tahun Pelajaran 2012/2013. Di tandai dengan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran serta peningkatan terhadap hasil tes unjuk kerja.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), pertemuan dalam penelitian ini berjumlah 2 kali di setiap pertemuan menunjukkan tahapan perkembangan proses pembelajaran menulis karangan sederhana dengan diterapkannya media gambar gunung dan gempa bumi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri I Keprabon dengan jumlah 24 siswa. Instrumen dalam penelitian ini mengunakan lembar observasi, angket dan tes unjuk kerja siswa yang diisi oleh 1 orang observer. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan sederhana dapat meningkatkan aspek afektif (rasa senang, keaktifan, semangat, pendapat siswa terhadap penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan) aspek kognitif meliputi 80 0/0 dari24 jumlah siswa kelas V mampu menulis karangan sesuai dengan indikator dan kriteria penilaian yang ditetapkan KKM 70, aspek afektif, kognitif,psikomotorik serta menjadikan suasana kelas menyenangkan dan kondusif dalam suatu proses pembelajaran yang optimal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media gambar, Prilaku siswa, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 14 Nov 2012 10:47 |
Last Modified: | 14 Nov 2012 12:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21208 |
Actions (login required)
View Item |