Penerapan Strategi Numbered Head Together (Nht)Dengan Menggunakan Alat Peraga “Puzzle Pembuktian Jumlah Sudut” Untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Segitiga (Ptk Di Kelas VII B SMP Negeri 2 Moga Pemalang)

HENDRA, WIKATRI (2012) Penerapan Strategi Numbered Head Together (Nht)Dengan Menggunakan Alat Peraga “Puzzle Pembuktian Jumlah Sudut” Untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Segitiga (Ptk Di Kelas VII B SMP Negeri 2 Moga Pemalang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (130kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan komunikasi siswa melalui strategi Numbered Head Togheter (NHT). Komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dilihat dari indikator : (a) siswa menjawabpertanyaan, (b) siswa mengemukakan ide, (c) siswa memberi komentar, (d) siswa membuat kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII B SMP Negeri 2 Moga, Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi siswa melalui strategi Numbered Head Togheter (NHT)dengan menggunakan alat peraga “puzzle pembuktian jumlah sudut” dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segitiga yang meliputi aspek (1) siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 39,47% dan setelah tindakan 71,05%, (2) siswa mengemukakan ide sebelum tindakan 21,05% dan setelah tindakan 60,53%, (3) siswa memberi komentar sebelum tindakan 21,05% dan setelah tindakan 60,53%, (4) siswa membuat kesimpulan sebelum tindakan 21,05% dan setelah tindakan 50%.  

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, strategi Numbered Head Togheter (NHT), komunikasi siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 12 Nov 2012 10:54
Last Modified: 12 Nov 2012 13:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item View Item