Rendiyanto, Rendiyanto (2012) Analisis Tindak Tutur Direktif Antara Guru Murid Di Mts Sunan Kalijaga Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (562kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (402kB) |
Abstract
Tindak tutur direktif mempunyai peran penting dalam pendidikan. Guru dan siswa dalam berkomunikasi memerlukan tindak tutur direktif sebagai media menyampaikan maksud. Penelitian ini bertujuan : Mengidentifikasi dan mendeskripsikan penggunaan tindak tutur direktif yang digunakan guru murid dan untuk mengetahui penerapan skala kesantunan dalam proses pembelajaran di MTs Sunan Kalijaga Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Sumber data penelitian ini berupa interaksi pembelajaran guru murid di MTs Sunan Kalijaga Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptf kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, teknik rekam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kontekstual (kontekstrual metodh) dan metode padan. Hasil penelitian yang diperoleh: bentuk tindak tutur direktif pada interaksi pembelajaran guru siswa MTs Sunan Kalijaga Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri sejumlah 43 data tuturan direktif dengan rincian (1) tindak tutur direktif memerintah terdapat 16 tuturan, (2) tindak tutur direktif meminta izin terdapat 2 tuturan, (3) tindak tutur direktif menguji terdapat 2 tuturan, (4) tindak tutur direktif menyarankan terdapat 11 tuturan, (5) tindak tutur direktif mengajak terdapat 5 tuturan, (6) tindak tutur direktif mempersilahkan terdapat 1 tuturan, (7) tindak tutur direktif mengintrogasi terdapat 5 tuturan, (8) tindak tutur menantang terdapat 2 tuturan. skala kesantunan dalam tindak tutur direktif yang digunakan guru dan murid dalam proses pembelajaran di MTs Sunan Kalijaga Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri ditemukan tuturan-tuturan yang mematuhi dan melanggar sekala kesantunan. Hal ini tercermin dari hasil analisis data yang menemukan adanya 9 tuturan yang mematuhi sekala utung rugi, 13 tuturan yang mematuhi sekala pilihan, 4 tuturan mematuhi sekala ketidak langsungan sedangkan yang tidak mematuhi ada 3 tuturan, 15 tuturan mematuhi sekala keotoritasan, 4 tuturan mematuhi sekala jarak sosial
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur direktif, skala kesantunan, guru, siswa. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Nov 2012 07:40 |
Last Modified: | 10 Nov 2012 07:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21084 |
Actions (login required)
View Item |