Jayanti, Dwi (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Terbitan Erlangga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada materi ajar Bahasa Indonesia KelasVIII SMP terbitan Erlangga. 2) Memaparkan karakteristik penyajian buku materiajar terkait dengan pendidikan karakter Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPterbitan Erlangga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian iniadalah pernyataan-pernyataan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakteryang terdapat pada buku materi ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII terbitan Erlangga. Sumber data berisi tentang data-data yang dianalisis untuk menjawab permasalahan yang ada pada penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalahsumber data tertulis yang berupa buku materi ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII terbitan Erlangga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik simak, kemudian dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Jenis teknik trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam buku materi ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII terbitan Erlangga meliputi: 1) religius, 2) jujur, 3) disiplin, 4) kerja keras,5) kreatif,6) mandiri, 7) rasa ingin tahu, 8) semangat kebangsaan, 9) cinta tanah air, 10) menghargai prestasi, 11) bersahabat atau komunikatif, 12) gemar membaca, 13) peduli lingkungan, 14) peduli sosial, dan 15) tanggung jawab. Komponen penyajian buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP terbitan Erlangga meliputi: judul buku, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan buku (untuk siswa), judul pelajaran, rincian subjudul, rangkuman, daftar pustaka, peta konsep,subjudul per KD, tujuan KD, penjelasan (teoritis), contoh-contoh, latihan, tugas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter, Buku materi ajar Bahasa Indonesia, Penyajian Buku Teks. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 16:08 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 16:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21019 |
Actions (login required)
View Item |