Pembudayaan Nilai – Nilai Demokrasi Di Sekolah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter ( Studi Kasus Smp Islam Sudirman Tengaran Kabupaten Semarang )

MUSTHOFIYAH, MUSTHOFIYAH (2012) Pembudayaan Nilai – Nilai Demokrasi Di Sekolah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter ( Studi Kasus Smp Islam Sudirman Tengaran Kabupaten Semarang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (597kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab 3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab 4)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab 5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL.pdf

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembudayaan nilai–nilai demokrasi sekolah dalam perspektif pendidikan karakter : proses dan kendalanya (studi kasus di SMP Islam Sudirman Tengaran). Penelitian ini mengkaji mengenai upaya-upaya pembudayan nilai-nilai demokrasi di sekolah dalam perspektif pendidikan karakter serta kendala-kendala pembudayaan nilai-nilai demokrasi di sekolah dalam perspektif pendidikan karakter. Data penelitian diperoleh melalui informan, tempat dan peristiwa serta arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan yaitu pembudayaan nilai-nilai demokrasi di sekolah dalam perspektif pendidikan karakter diwujudkan dengan berbagai kegiatan diantaranya: kegiatan OSIS dan kegiatan PRAMUKA.Kegiatan itu dilakukan untuk melatih siswa saling bekerja sama dengan siswa lain, melatih siswa untuk menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah asalkan dapat menghargai orang lain dan melatih siswa untuk dapat bersosialisasi di dalam maupun di luar lingkungan sekolah serta membentuk karakter siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi pihak sekolah agar Pembudayaan Nilai-nilai Demokrasi Di sekolah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter lebih meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembudayan nilai-nilai demokrasi di sekolah dalam perspektif pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 07 Nov 2012 11:45
Last Modified: 07 Nov 2012 12:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item