PERDANI , DIAN (2008) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI KOLABORASI GAMBAR DAN KERJA KELOMPOK DI KELAS VIII B SMP NEGERI 3 TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A310040104.pdf Download (80kB) |
|
PDF
2._BAB_I_-_V_&_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: (1) Mengetahui sejauhmana metode kolaborasi gambar dan kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2007/2008; (2) mengetahui peningkatan motivasi, perhatian, dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis dengan media kolaborasi gambar dan kerja kelompok; (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan metode kolaborasi gambar dan kerja kelompok. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Tasikmadu, Karanganyar. Bentuk dan strategi menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yakni Guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII B dan peserta didik kelas VIII B yang berjumlah 42 siswa. Teknik penggumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Tasikmadu, Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan nilai pada putaran II lebih baik dibanding dengan nilai pada putaran I. Berdasarkan hasil tes keterampilan menulis yang dilakukan pada putaran I dapat diketahui nilai terendah yang dicapai siswa sebesar 60, nilai tertinggi 80, dan nilai rata-rata sebesar 67,14. Sementara itu, dari hasil tes keterampilan menulis yang dilakukan pada putaran II dapat diketahui nilai terendah yang dicapai siswa sebesar 65, dan nilai tertinggi 85,dan nilai rata-rata sebesar 74,52. Berdasarkan data hasil karangan siswa masih ada karangan yang belum sesuai dengan instruksi dari peneliti. Masih ada karangan narasi dan argumentasi. Meskipun sudah diterapkan metode baru dalam pembelajaran menulis tetapi belum ada peningkatan. Keterampilan menulis siswa perlu diperhatikan lagi. Nilai yang meningkat bukan berarti keterampilan menulis siswa meningkat. Siswa lebih termotivasi untuk menulis paragraf deskripsi dengan kolaborasi gambar dan kerja kelompok. Siswa lebih aktif dan perhatian siswa hanya tertuju pada pembelajaran yang berlangsung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | paragraf, kolaborasi. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 04 Jun 2009 07:56 |
Last Modified: | 28 Mar 2011 10:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2100 |
Actions (login required)
View Item |