Efektivitas Penerapan Pembelajaran Elaborasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas III SD Soneyan 02 Margoyoso Tahun 2011/2012

Widiyayanti, Sulastri (2012) Efektivitas Penerapan Pembelajaran Elaborasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas III SD Soneyan 02 Margoyoso Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3-hal_depan.pdf

Download (723kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4-bab_1.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
5-bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
6-bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
7-bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
8-bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9-daftar_pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
10-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2-publikasi_jurnal.pdf

Download (837kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III dengan penerapan pembelajaran Elaborasi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Soneyan 02 yang berjumlah 42 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji Validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana perbaikan (siklus berikutnya).Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar Matematika siswa melalui strategi pembelajaran Elaborasi.Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran Matematika yang meningkat dari siklus I pertemuan I dan II serta siklus II Pertemuan I dan II. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika sebesar 45% atau 19 siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 76% atau 32 siswa serta pada siklus II pertemuan I sebesar 76,24% atau 32 siswa, pada siklus II pertemuan II sebesar 85,71 % atau 36 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode belajar kelompok Elaborasi mampu meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Matematika, metode pembelajaran Elaborasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2012 05:57
Last Modified: 03 Nov 2012 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item