Kusumawardani, Indah (2012) Pengaruh Pemanfaatan Internet Dalam Proses Pembelajaran Dan Kreatifitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (541kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf Download (121kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPS SMA N 2 PATI.Sampel diambil sebanyak adalah 50 Siswa.Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi.Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 63,589 + 0,140 X1+ 0,245 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh pemanfaatan internet dan kreativitas belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,961 >2,021 dan nilai signifikansi< 0,05, yaitu 0,042 dengan sumbangan efektif sebesar 11,1%. 2) “Ada pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 3,518 >2,021 dan nilai signifikansi< 0,05, yaitu 0,036 dengan sumbangan efektif sebesar 20,4%. 3) “Ada pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 3,449>3,230 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,315 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan internet dan kreativitas belajar siswasecara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 31,5%, sedangkan 68,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Internet, Kreativitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 03 Nov 2012 05:58 |
Last Modified: | 03 Nov 2012 05:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20941 |
Actions (login required)
View Item |