Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelas V Sdn Sugihrejo 02 Tahun 2012/2013

MUSTOPA , IMAM (2012) Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelas V Sdn Sugihrejo 02 Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
03._HAL_DEPAN.pdf

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I_.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika materi pecahan dengan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) pada siswa kelas lima SDN Sugihrejo 02 Tahun 2012/2013. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas lima SD Negeri Sugihrejo 02 Gabus yang berjumlah 17 Siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam kretivitas belajar matematika materi pecahan yang meningkat dari siklus I dan Siklus II. Pada siklus I presentasi ketuntasan kreativitas belajar siswa dalam kreativitas belajar matematika materi pecahan sebesar 12 siswa atau 70,59% dan siklus II sebesar 16 siswa atau 94,12%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model cooperative learning mampu meningkatkan kreativitas belajar matematika materi pecahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas belajar, Model Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2012 10:49
Last Modified: 02 Nov 2012 11:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20914

Actions (login required)

View Item View Item