Rozali , Agus Faizal (2012) Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sdn Pakis Kecamatan Tambakromo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (717kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
04,_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
06,_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab V)
07,BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Dapus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
11,_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (746kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi pada pelajaraan IPA melalui metode Contextual Teaching And Learning ( CTL ). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Pakis yang berjumlah 25 siswa.sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Proses penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus masing- masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Proses penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus masing- masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya penigkatan dalam pemahaman materi siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pemahaman materi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pemahaman materi sebesar 64 % dengan jumlah 16 siswa dan pada siklus II sebesar 84% dengan jumlah 21 siswa.hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Contextual Teaching And Learning ( CTL) mampu meningkatkan pemahaman materi pada siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman materi, metode Contextual Teaching And Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2012 10:41 |
Last Modified: | 02 Nov 2012 10:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20912 |
Actions (login required)
View Item |